Fakta - Fakta Unik Sidikalang Kabupaten Dairi

Sidikalang adalah ibu kota dari kabupaten Dairi, meski masih tergolong kota kecil namun Sidikalang bisa dibilang sebagai kota yang memiliki capitalisme yang cukup berbeda-beda, untuk itu penulis akan menjelaskan fakta-fakta unik seputar kota Sidikalang.


Berikut ini merupakan fakta-fakta unik kota Sidikalang Kabupaten Dairi :

  • Sidikalang dulunya adalah ibukota dari kabupaten yang luas dan kini telah dimekarkan menjadi dua kabupaten yaitu kabupaten Dairi dan kabupaten Pak-pak Barat
  • Meskipun sudah merupakan wilayah yang cukup luas, ternyata dulu kabupaten Dairi juga merupakan pemekaran dari Kabupaten Tapanuli Utara (lho..?)
  • Luas wilayah Sidikalang Kabupaten Dairi hanyalah sebesar 2,69% dari keseluruhan wilayah Provinsi Sumatera Utara. (hmm.. ternyata cukup kecil juga yah?)
  • Sidikalang merupakan salah satu daerah penghasil Kopi berkualitas baik di Indonesia (dulu guru SMA gua pernah bilang seeh, kalau Kopi dengan kualitas terbaik didunia itu ada di Sidikalang, tepatnya Tanjung Beringin Kec Sumbul) bangga tidak...?
  • Suku ataupun etnis terbesar di Sidikalang sebenarnya adalah suku Pak-pak namun karena keberagaman dan kemajuan hidup, maka sekarang bisa digolongkan penganut suku Pak-pak tinggal 50%, dan Sidikalang juga termasuk kota yang memiliki etnis Tionghoa yang cukup besar (bisa dilihat dari gedung-gedung besar dan berderet milik etnis Tionghoa di Sidikalang).
  • Sidikalang merupakan salah satu kecamatan, dan sekaligus sebagai ibukota kecamatan dan ibukota kabupaten (truss apa lg yah??) dan terdiri dari 11 kelurahan.
  • Sidikalang seharusnya pantas memiliki julukan sebagai kota KOPI, mengapa tidak? Luas Keseluruhan Perkebunan kopi Robusta Kab. Dairi adalah 14.117 Ha dengan produksi 6.770,33 ton/tahun sedangkan pertanamankopi Arabika seluas 5.771,5 Ha dengan produksi 2.639,05 ton/tahun. (gila gk tuch..??)
  • Kopi Sidikalang adalah Kopi dengan kualitas Internasional, dikarenakan cita rasa yang enak, kopi ini bersaing dengan kopi dari Brazil, dan katanya seeh..!! kopi Sidikalang banyak di ekspor ke Kore loh? wajar juga seeh, orang Korea kan habis bangun tidur sering minum kopi.
  • Terlepas dari kopi, ternyata Sidikalang juga bisa menghasilkan hasil - hasil tani yang berkualitas, seperti Nilam, Kentang, Terong Belanda, Padi dan masih banyak lagi.
  • Berdasarkan potensi geografisnya strawberry dan apel juga layak dikembangakan di Sidikalang loh?
  • SMA N 1 Sidikalang termasuk salah satu SMA favorit di Kabupaten dairi dan Sumatera Utara, hal ini dikarenakan selain berstandar nasional SMA ini selalu lulus 100% untuk ujian nasional dan meluluskan 70% alumninya kePTN favorit di indonesia. (bener gk seeh?? heheh)
  • Kunjungan wisata paling di favoritkan di Prov Sumatera Utara salah satunya adalah Taman Wisata Iman Dairi.

untuk lbh jelasnya anda bisa baca disini
  • Note:  jika ada bagian dari tulisan ini yg kurang berkenaan dihati, mohon beri komentar. 

11 komentar:

Unknown mengatakan...

smk n 1 sidikalang gak termasuk faforit ya?

Anonim mengatakan...

smk bukit cahaya 2 ,,, hahahahahaha

Hasudungan Habeahan mengatakan...

Ada lagi salah satu keunikan Kabupaten Dairi, yaitu Kabupaten atau daerah yg miskin berita. Apakah karena ga da yg mau dipublikasikan atau karena memang ga da orang yg meliput berita dari Kabupaten Dairi

Tasly ICP mengatakan...

Herbal Jantung Tanpa Efek Samping

Unknown mengatakan...

potensi pertanian dairi memang bagus,cuma maunya pemerintah harus lebih memperhatikan masyarakat kurang mampu,untuk lebih meningkatkan hasil pertanian kita dan kesejahteraan masyarakat tani dairi

Triwiranto_Tinambunan mengatakan...

SMK N 1 SITINJo kemana km buat??

ITU juga popular

Unknown mengatakan...

Sidikalang tak cuma kopi,durian yg melimpah dari medan sampai jkt dan terkenal juga sampe kmana mana ,pancake durian kalo pake buah dr parongil +/- 20km dr sidikalang buat lu gk bakalan lupa ,tau gak kalo durian sidikalang parongil cuma 20rb/ buah di mefan sdh 100rb loh hehehe jd jln2 lah ke sidikalang kota nya sepi tapi sejuk loh gk kyk kota medan kota sauna

Unknown mengatakan...

Sidikalang tak cuma kopi,durian yg melimpah dari medan sampai jkt dan terkenal juga sampe kmana mana ,pancake durian kalo pake buah dr parongil +/- 20km dr sidikalang buat lu gk bakalan lupa ,tau gak kalo durian sidikalang parongil cuma 20rb/ buah di mefan sdh 100rb loh hehehe jd jln2 lah ke sidikalang kota nya sepi tapi sejuk loh gk kyk kota medan kota sauna

Bang Sam mengatakan...

Skrg sdh bnyk yg tebang kopi diganti jeruk dan coklat

Unknown mengatakan...

SMUNSASI pastinya masi ttp yg terbaik di kab dairi dan pakpak bharat.

Unknown mengatakan...

Jangan cuman kopi di banggakan semua hasil pertanian tolong pemerintah lebih memperhatikan sebab Dairi adalah tanah sorga lain pada yang lain...

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 BYANTUPA All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.